3.3.A.6 REFLEKSI TERBIMBING - PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP
melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah
mereka lewati, dan apa yang harus mereka pertimbangkan kemudian dalam menyusun
program/kegiatan yang berdampak pada murid.
Refleksi terbimbing kali ini melalui beberapa pertanyaan berikut:
Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?
Hal yang menarik setelah mempelajari materi mengenai pengelolaan program yang berdampak bagi murid bagi yaitu saya dapat memahami tentang bagaimana mengidentifikasi dan memanfaatkan sumberdaya yang ada di sekolah untuk dijadikan program yang berdampak kepada murid. Hal menarik lainnya yaitu mengenai bentuk-bentuk program dan strategi memilih bentuk program yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan aspek-aspek dalam pengembangan program (format, durasi, sumber daya, dan lokasi), manajemen resiko dan mengelola resiko menjadi sebuah potensi yang beorientasi pada pembelajaran murid, prinsip-prinsip monitoring dan evaluasi, serta implementasi dalam pengelolaan program.
Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?
Hal baru yang mengejutkan yang saya temui dalam pembelajaran ini yaitu tentang pengelolaan program yang bredampak pada murid tentang bentuk-bentuk program sederhana, membuat perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid serta pengelolaan program dengan strategi MELR (Monitoring. Evaluasi, Learning, Reporting) dan manajemen resiko.
Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?
a.
Menganalisis asset apa yang dapat
dimanfaatkan dalam penyusunan program.
b.
Merencanakan program yang berdampak pada
murid dengan tahapan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi,
Jabarkan encana, dan Atur eksekusi)
c.
Menerapkan manajemen Risiko dan
mengelola risiko menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran
murid
d.
Melakukan monitoring dan evaluasi
dalam pengelolaan program
Apa yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?
Hal yang menantang bagi saya dalam memahami apa yang disampaikan dalam modul ini yaitu bagaimana cara mewujudkan kepemimpinan murid dengan menciptakan lingkungan belajar dengan 7 karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangan kepemimpinan murid. Saya juga harus berkolaborasi dan memanfaatkan peran komunitas agar program yang saya buat bisa berdampak pada murid.
Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.
a. Kepala sekolah
b. Komunitas praktisi
c. Rekan sejawat
d. Murid
e. Orang tua murid/Masyarakat
f. Sarana dan prasarana
Komentar
Posting Komentar