JURNAL REFLEKSI MINGGU 9 CALON GURU PENGGERAK MODEL 9 : GAYA ROUND ROBIN

 


MUNAWIYAH

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 4 KABUPATEN PROBOLINGGO


Jurnal refleksi kali ini saya tulis dalam Model 9: Gaya Round Robin

 

Mengawali pekan pertama setelah satu bulan lebih kami “istirahat” belajar di LMS kami memulai kegiatan dengan mengerjakan pretest. Dengan harapan dapat mengerjakan tanpa hambatan baik cuaca maupun koneksi. Alhamdulilah saya dapat mengerjakan pretest dengan lancar dan hasil yang cukup. Hari kedua kami mulai berselancar lagi di LMS.

 

1)     Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya?


Hal yang yang paling saya kuasai setelah pembelajaran ini yaitu tentang pembelajaran diferensiasi. Saya merasa hal tersebut saya kuasai karena saya memahami sebelum menentukan strategi pembelajaran diferensiasi kita harus melakukan pemetaan kebutuhan murid yang terdiri dari tiga aspek, yaitu: Kesiapan belajar (readiness) murid, minat belajar murid, dan profil belajar murid. Adapun Strategi pembelajaran berdiferensiasi yaitu: konten, proses, dan produk. Sebagai bentuk pemahanman kami, kami diminta untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer. Untuk lebih mendalami pengetahuan kami tantang  pembelajaran berdiferensiasi kami berkolaborasi membuat RPP pembelajaran diferensiasi.

 

 

2)   Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?


Setelah mempelajari pembelajaran berdiferensiasi ada hal yang belum saya kuasai yaitu implementasi dalam pembelajaran. Pembelajaran diferensiasi membutuhkan persiapan yang matang baik dari memetakan kebutuhan murid, selanjutnya memilih strategi, dan tak kalah pentingnya yaitu pada penilaian. Kita harus menyiapkan jenis evaluasi yang berbeda serta rubrik yang tepat dengan kebutuhan murid yang berbeda.

 

Usaha yang akan saya lalukan untuk  mengatasi hal di atas, pertama yaitu saya akan menggali informasi dari berbagai sumber ataupun media terkait pembelajaran diferensiasi. Kedua, tanya langsung kepada pihak yang lebih berpengalaman dalam pembelajaran diferensiasi, dan ketiga berkolaborasi dengan teman CGP dan rekan sejawat

 

3.   Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan.


Dengan menyimak video dari instruktur dan mempelajari materi serta setelah praktik langsung secara berkolaborasi dengan teman kelompok CGP  membuat RPP Pembelajaran Berdiferensiasi saya rasa tidak ada hal yang membingungkan dari pembelajaran ini. Diskusi bersama di Ruang Kolaborasi 2.1.a.5 semakin menambah pengetahuan saya tentang pembelajaran berdiferensiasi yang berbeda dengan pembelajaran pada umumnya.

Komentar

Postingan Populer