JURNAL REFLEKSI MINGGU 9 CALON GURU PENGGERAK MODEL 9 : GAYA ROUND ROBIN
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 4 KABUPATEN PROBOLINGGO
Jurnal refleksi kali ini saya
tulis dalam Model 9: Gaya Round Robin
Mengawali pekan pertama
setelah satu bulan lebih kami “istirahat” belajar di LMS kami memulai kegiatan
dengan mengerjakan pretest. Dengan harapan dapat mengerjakan tanpa hambatan baik
cuaca maupun koneksi. Alhamdulilah saya dapat mengerjakan pretest dengan lancar
dan hasil yang cukup. Hari kedua kami mulai berselancar lagi di LMS.
1) Apa hal yang paling
Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut
bisa membuat Anda sangat menguasainya?
Hal yang yang paling saya kuasai setelah
pembelajaran ini yaitu tentang pembelajaran diferensiasi. Saya merasa hal
tersebut saya kuasai karena saya memahami sebelum menentukan strategi
pembelajaran diferensiasi kita harus melakukan pemetaan kebutuhan murid yang
terdiri dari tiga aspek, yaitu: Kesiapan belajar (readiness) murid,
minat belajar murid, dan profil belajar murid. Adapun Strategi pembelajaran
berdiferensiasi yaitu: konten, proses, dan produk. Sebagai bentuk pemahanman
kami, kami diminta untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran
berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer. Untuk lebih mendalami
pengetahuan kami tantang pembelajaran
berdiferensiasi kami berkolaborasi membuat RPP pembelajaran diferensiasi.
2) Apa hal yang belum Anda
kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk
mengatasi hal tersebut?
Setelah mempelajari pembelajaran
berdiferensiasi ada hal yang belum saya kuasai yaitu implementasi dalam
pembelajaran. Pembelajaran diferensiasi membutuhkan persiapan yang matang baik
dari memetakan kebutuhan murid, selanjutnya memilih strategi, dan tak kalah
pentingnya yaitu pada penilaian. Kita harus menyiapkan jenis evaluasi yang
berbeda serta rubrik yang tepat dengan kebutuhan murid yang berbeda.
Usaha yang akan saya lalukan untuk mengatasi hal di atas, pertama yaitu saya akan
menggali informasi dari berbagai sumber ataupun media terkait pembelajaran
diferensiasi. Kedua, tanya langsung kepada pihak yang lebih berpengalaman dalam
pembelajaran diferensiasi, dan ketiga berkolaborasi dengan teman CGP dan rekan
sejawat
3. Apa
hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal
apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan.
Dengan menyimak
video dari instruktur dan mempelajari materi serta setelah praktik langsung
secara berkolaborasi dengan teman kelompok CGP membuat RPP Pembelajaran Berdiferensiasi saya
rasa tidak ada hal yang membingungkan dari pembelajaran ini. Diskusi bersama di
Ruang Kolaborasi 2.1.a.5 semakin menambah pengetahuan saya tentang pembelajaran berdiferensiasi
yang berbeda dengan pembelajaran pada umumnya.
Komentar
Posting Komentar