3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual - Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

 

Foto : Saat Pendampingan Individu 4

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang keempat paradigma dilema etika, ketiga prinsip dilema etika, dan 9 langkah pengujian keputusan pada konteks di sekolah asal masing-masing.

Dalam demonstrasi kontekstual kali ini ada empat panduan pertanyaan yang harus CGP jawab. Berikut pertanyaan dan jawaban yang sudah saya kerjakan.

1. Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda

Sebagai guru penggerak di sekolah atau lingkungan saya berada saya akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang saya dapat yaitu dengan cara:

  • Menyusun program
  • Mengkomunikasikan dengan kepala sekolah
  • Mengimbaskan pengetahuan yang saya dapat dari program guru penggerak kepada komunitas praktisi yang sudah terbentuk di sekolah
  • Sharing hasil penerapan materi yang sudah dilakukan oleh rekan sejawat dalam pembelajaran
  • Refleksi bersama

2.  Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran

a.  Menganalisis masalah apakah termasuk dalam bujukan moral atau dilema etika

b.  Menentukan paradigma yang terjadi

    • Individu lawan masyarakat (individual vs community)
    • Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)
    • Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)
    • Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

c.   Menentukan prinsip resolusi penyelesaian dilema mana yang akan dipakai, diantaranya:

    •  Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking)
    •  Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking)
    •  Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking)

d.   Menguji keputusan yang saya ambil melalui 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1)     Menentukan nilai-nilai yang saling bertentangan.

2)     Menentukan siapa yang terlibat

3)     Kumpulkan fakta-fakta yang relevan

4)     Pengujian benar atau salah, yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: Uji legal, Uji Regulasi/Standar Profesi, Uji Intuisi, Uji Publikasi, Uji Panutan/Idola

5)     Pengujian Paradigma Benar lawan Benar

6)     Melakukan Prinsip Resolusi

7)     Investgasi Opsi Trilema

8)     Buat Keputusan

9)     Lihat lagi Keputusan dan Refleksikan

3. Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa

Saya akan menerapkan langkah-langkah tersebut jika besok, minggu depan atau kapan pun ketika saya menghadapi dilema etika. Saya akan mencoba menerapkan pengambilan keputusan dengan menentukan empat paradigma dilema etika, mengambil tiga prinsip resolusi, dan sembilan langkah pengambilan keputusan. Melalui langkah-langkah tersebut saya dapat mengambil keputusan yang tidak merugikan kedua belah pihak serta menentukan keputusan yang tepat dan efektif. Harapan saya ketika menghadapi dilema etika saya dapat mengambil keputusan yang efektif, cermat, dan tepat.

4. Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif 

Dalam mengambil keputusan saya tidak dapat melakukan sendiri. Saya memerlukan orang lain untuk berdiskusi, memberi masukan, saran, atau berupa kritikan agar keputusan yang saya ambil efektif, cermat, dan tepat.

Orang-orang yang bisa diajak diskusi dalam menentukan langkah-langkah pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran yang akan saya ambil yaitu kepala sekolah, komunitas praktisi, rekan sejawat, orang tua murid, komite, peserta didik, pengawas sekolah atau rekan guru penggerak yang ada di kecamatan maupun kabupaten.


Komentar

Postingan Populer