AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

MENANAMKAN BUDAYA POSITIF MELALUI KESEPAKATAN KELAS

 

MUNAWIYAH, S.Pd.

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 4 KABUPATEN PROBOLINGGO

SDN SELOGUDIG KULON

 

LATAR BELAKANG

Penerapan budaya positif sudah sepatutnya dilaksanakan oleh siapa saja dimana saja. Dalam hal ini khsusunya di sekolah. Sekolah merupakan wadah dalam penanaman karakter positif. Budaya positif perlu menjadi program pembiasaan untuk mewujudkan  lingkungan yang positif.


TUJUAN

Menciptakan budaya positif melalui kesepakatan kelas.


TOLOK UKUR

Peserta didik mampu membuat kesepakatan kelas

 

LINIMASA TINDAKAN YANG DILAKUKAN

  1. Sosialisasikepada seluruh warga sekolah
  2. Guru menjelaskan pentingnya kesepakatan kelas
  3. Guru memfasilitasi untuk membuat kesepakatan kelas
  4. Hasil kesepakatan ditempel di dinding kelas
  5. Mendokumentasikan kegiatan pembelajaran

 

DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

  1. Orang tua dalam membiasakan budaya positif di rumah
  2. Warga sekolah sebagai teladan yng baik bagi peserta didik di sekolah
  3. Kolaborasi antar warga sekolah yang bersinergi dalam membiasakan budaya positif

 

DESKRIPSI AKSI NYATA

Lembaga kami masih melaksanakan PTM Terbatas. Siswa masuk secara bergantian (50% setiap hari). Jadi pelaksanaan aksi nyata dilaksanakan pada dalam dua hari. Selama pelaksanaan untuk kegiatan pertama murid diminta untuk menuliskan kelas impian dan berikutnya murid menulis kesepakatan yang diinginkan. Hasil Kelas Impian dan Kesepakatan kelas ditempel di dinding agar murid dan guru mudah mengingat kesepakatan keals yang telah dibuat.

Hasil Kesepakatan Kelas:

  • menyelesaikan tugas tepat waktu
  • berani berbicara
  • mematuhi protokol kesehatan
  • membersihkan kelas secara bergantian (piket kelas)
  • ijin ke kamar mandi cukup satu kali
  • tidak makan saat pelajaran
  • menyiapkan alat tulis dari rumah
  • Ibu guru datang tepat waktu
  • semua harus hafal perkalian
  • saling menyayangi

 

TANTANGAN KEGIATAN

  1. Kesepakatan kelas belum maksimal dilakukan karena sekolah masih melaksanakan tatap muka terbatas
  2. Beberapa murid kesulitan menuangkan ide atau harapan jadi murid tersebut terkesan pasif

PROGRAM TINDAK LANJUT

  1. Melakukan refleksi dari kesepakatan kelas yang telah dibuat bersama
  2. Berkolaborasi bersama kepala sekolah, rekan guru, dan orang tua agar selalu mendukung dan melaksanakan kesepakatan kelas sehingga tercipta budaya positif


DOKUMENTASI KEGIATAN




DOKUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN










Komentar

Postingan Populer